TINJAUAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK DI MASA PERANG DUNIA II PADA TOKOH GEN DALAM FILM ANIMASI HADASHI NO GEN KARYA SUTRADARA MORI MASAKI

Authors

  • DIAN SEPTIANA Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Abstract

Kata Kunci : Psikologi perkembangan anak, Perang Dunia II, animasi, perang danperkembangan anak Film Hadashi no Gen merupakan karya sastra lama karya Mori Masaki. Film Hadashi no Gen menceritakan tentang seorang anak kecil berusia sekitar delapan tahun yang tinggal bersama keluarganya di kota Hiroshima. Jepang pada saat itu dalam kondisi Perang Dunia II. Pada film Hadashi no Gen menunjukkan adanya pengaruh lingkungan terhadap perkembangan psikologi seseorang. Oleh karena  itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perang terhadap perkembangan psikologi.Pada penelitian ini, menggunakan pendekatan psikologi perkembangan dari Elizabeth B. Hurlock. Proses perkembangan psikologi pada masa akhir kanak-kanak sangat mempengaruhi penyesuaian pribadi dan penyesuaian sosial anak. Oleh karena itu pada proses psikologi perkembangan muncul tugas-tugas perkembangan. Tugas-tugas perkembangan ini bertujuan untuk memberikan motivasi, dan memudahkan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perang memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap perkembangan psikologis tokoh Gen, sehingga ada lima tugas perkembangan yang tidak dapat diselesaikan. Selain itu perang juga telah membentuk tokoh Gen menjadi seseorang yang bertanggung jawab tinggi melebihi anak seusianya.Penulis menyarankan kepada mahasiswa jurusan bahasa Jepang untuk meneliti konflik batin pada tokoh utama

References

Alwisol. 2012. Psikologi Kepribadian ( Edisi Revisi). Malang, UMM Press.

Axell, Alberth and Hideaki Kase. 2002. Japan’s Suicide Gods. Harlow: Person Education Limited.

Fanani, Zainuddin. 2001. Telaah Sastra. Surakarta : UMM Press.

Fukutake, Tadashi. 1988. Masyarakat Jepang Dewasa ini. Jakarta : Gramedia.

Hendri F. Isnaeni & Apid. 2008. Romusa, Sejarah yang Terlupakan (1942-1945). Yogyakarta: Ombak.

Hurlock, Elizabeth. 1980. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Matsura, Kenji. 2005. Kamus Jepang-Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Nurgiyantoro, B. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Ojong, P.K. 2008. Perang Pasifik. Jakarta : Buku KOMPAS

Pratista, H. 2008. Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori sastra, metode kritik, dan penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohmah, Elfi Yuliani. 2005. Psikologi Perkembangan. Ponorogo : STAIN PO Press.

Santrock, John. 2002. Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup, Edisi 5 jilid 1. Jakarta: Erlangga

Sarwono, Sarlito Wirawan.1997. Psikologi sosial. Jakarta : Salemba Humanika

Semi, M. Atar. 1993. Metode Penelitian Sastra. Bandung: CV Angkasa.

Sutardi, Heru Kurniawan. 2012. Penulisan sastra kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Wellek and Warren. 1995. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT. Gramedia Indonesia.

INTERNET :

Iwan, Santosa. 2012. Awal Kekalahan Jepang di Perang Pasifik, diakses pada 20 Maret 2014, dari www.travel.kompas.com.

Mori, Masaki. 1983. Film AnimasiHadashi no Gen, diakses pada 1 mei 2014, dari www.imdb.com.

Renne R.A Kawilarang. 2011. 15-8-1945: Jepang Menyerah, Perang Dunia Usai, diakses pada 20 Maret 2014, dari www.dunia.news.viva.co.id.

Downloads

Published

2015-01-29

Issue

Section

Articles