KEMAMPUAN DALAM MENGGUNAKAN VERBA “MEMAKAI” PADA SISWA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 3 PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • RISKA FEBRIYANTI Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Abstract

Kata Kunci : Kemampuan dan Verba (Kata kerja)Latar belakang timbulnya penelitian ini berdasar pada aturan penggunaan verba memakai dalam kalimat bahasa Jepang. Namun pembelajar bahasa Jepang sering mengalami kesulitan dalam menggunakan verba memakai ini. Sehingga penelitian ini mengambil judul “ Kemampuan dalam menggunakan verba memakai pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 3 Probolinggo tahun ajaran 2013/2014â€. Berdasarkan latar belakang timbulnya kesulitan tersebut maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan dalam menggunakan verba memakai pada siswa XI Bahasa SMA Negeri 3 Probolinggo tahun ajaran 2013/2014? (2) Kesulitan apa saja yang dihadapi siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 3 Probolinggo tahun ajaran 2013/2014 dalam menggunakan verba memakai?Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yang menggunakan tes dan angket. Data yang digunakan merupakan hasil dari soal – soal tes yang telah memenuhi perhitungan validitas dan reliabilitas. Analisis dilakukan dengan cara memuat data dalam tabel, membuat grafik dan mendeskripsikan hasil berdasarkan grafik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Bentuk kesalahan penggunaan verba“memakai†pada siswa XI Bahasa SMA Negeri 3 Probolinggo tahun ajaran 2013/2014 adalah peletakan verba“memakai†dengan kata bendanya dalam kalimat bahasa Jepang kurang tepat dikarenakan siswa belum benar – benar paham dengan penggunaan dari setiap jenis verba“memakai†dalam bahasa Jepang. (2) Penyebab siswa kurang  mampu menggunakan verba memakai adalah sebagai berikut berdasarkan pendapat popular yang bersumber pada : (a) Huruf Jepang yang dipelajari terlalu banyak sehingga kurang hafal menyebabkan siswa belum lancar dalam membaca soal-soal yang diberikan. (b) Verba“memakai†terlalu banyak dalam bahasa Jepang dan penggunaanya pada setiap benda berbeda-beda, sehingga siswa sulit untuk mempelajarinya.

References

Benjamin S.Bloom,dkk.1971.Evaluation to Improve Learning.USA:McGraw-Hill.

Chaer, Abdul.2007.Linguistik Umum.Jakarta: Rineka Cipta.

Ghony, Djunaidi dan Fauzan Almanshur. 2009. Petunjuk Praktis Penelitian Pendidikan. Malang : UIN-Malang Press.

Hirose Masayoshi dkk, 1994.Nihongo Gakushuu Tsukaiwake Jiten. Tokyo:Kodansha

Koizumi dkk, 1989.Nihongo Kihon Doushi Youhou Jiten. Tokyo.

Kridalaksana, Harimurti.2011. Kamus Linguistik Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ranjo, Riku.2007. Akikan (Volume 3). Japan:Super Dash Bunkou.

_______.2008. Akikan (Volume 8). Japan:Super Dash Bunkou.

Renata, Harume. 2012. Penguasaan Konjungsi Pada Kalimat Bentuk To, Ba, Tara Dan Nara Oleh Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Brawijaya Peserta Ujian Monbukagakusho Tahun 2011 Skripsi, Tidak diterbitkan. Malang: Universitas Brawijaya

Riswanto, Taufik.(2007). Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1. Jakarta: The Japan Foundation.

Sudjianto & Ahmad Dahidi.2004.Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Bekasi: Kesaint Blanc.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

______.2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sutedi, Dedi. 2008. Dasar-Dasar Limguistik Bahasa Jepang. Bandung : Humaniora

The Japan Foundation, Dit. Pembinaan SMA, Ditjen. Managemen Dikdasmen, Depdiknas. Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1 (ã«ã»ã‚“ã”1). Edisi Uji Coba. Jakarta.

Wulandari, Riska. 2013. Analisis Kontrastif Verba Yang Menyatakan Arti Memakai Dalam Bahasa Jepang Dan Bahasa Indonesia. Skripsi, Tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

______.1990.Kihongo Yourei Jiten. Bunkachou:Japan.

Downloads

Published

2015-01-28

Issue

Section

Articles