PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STRUKTURAL ANALISIS SINTETIK (SAS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HANZI (汉字) MAHASISWA SASTRA CINA SEMESTER II UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Authors

  • JEZSA VIBRIANOSA Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Abstract

Kata Kunci: hànzì (汉字), Stuktural Analitik Sintetik (SAS) hànzì (汉字) dibentuk dari sebuah gambar objek, satu karakter digunakan untuk satu kata, sehingga ada banyak hànzì (汉字). Begitu banyaknya karakter, membuat orang-orang kesulitan dalam membaca hànzì (汉字). Salah satu metode praktis dalam mempelajari hànzì ( 汉字) yaitu menggunakan kegiatan belajar pengamatan secara langsung dengan menggunakan metode pembelajaran Struktural Analitik Sintetik (SAS). SAS merupakan metode pembelajaran yang digunakan untuk belajar membaca dan menulis dasar. Biasanya SAS digunakan dalam belajar bahasa Indonesia di SD. Karena  itulah  dalam  skripsi  ini penulis akan  menjawab  rumusan  masalah  dalam  penelitian  ini (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran Struktural Analitik Sintetik (SAS) dalam menulis hànzì (汉字) pada mahasiswa Bahasa dan Sastra Cina Semester II Universitas Brawijaya. (2) Bagaimana efektivitas metode pembelajaran Struktural Analitik Sintetik (SAS) dalam menulis hànzì (汉字) pada mahasiswa Sastra Cina Semester I Universitas Brawijaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kuantitatif merupakan teknik statistik yang memberikan informasi hanya mengenai data yang dimiliki, tidak bermaksud untuk menguji hipotesis dan kemudian menarik inferensi untuk data yang lebih besar. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata mahasiswa dapat menghafal hànzì (汉字)  sebanyak 7 karakter dan pada tes 2 sebanyak 7,90 karakter, dengan ratarata pīnyīn 5,37 pada tes 1 dan 7,37 pada tes 2, dan rata-rata arti sebanyak 4,70 dan 7,33. Selain itu juga terdapat rata-rata kesalahan dalam menulis aksara yaitu 0.90 pada tes 1 dan 0,23 pada tes 2. Dengan metode yang sudah diberikan dapatdilihat dengan jelas bahwa metode ini cukup efektif diterapkan pada mahasiswasemester II Bahasa dan Sastra Cina Universitas Brawijaya dan dapat meningkatkan kemampuan menulis hànzì (汉字).

References

Afife. 2013. Model Pembelajaran Kolaboratif Murder.

http://blogekangcariksumobito.blogspot.com/ (diakses 31 Mei 2013)

Djarwanto. 1996. Mengenal Beberapa Uji Statistik dalam Penelitian. Yogyakarta. Liberty

Hadi, Sutrisno. 2000. Statistik. Yogyakarta. Andi Yogyakarta

Huang Peng, Tan. 2009. Gampang Ingat! Aksara China Melalui Kisah-Kisahnya yang Menakjubkan Buku I. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama

Kasmito dan Johan Tansil. 1997. Petunjuk Termudah Belajar Mandarin. Jakarta. Binarupa Aksara

Nurgiyantoro, Burhan. dkk. 1999. Statistik Terapan Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta. Gajah Mada University Press

SK, Lim. 2014. Origins of Chinese Language Asal Usul Bahasa China. Jakarta. Elex Media Komputindo

Solchan T.W, dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta. Universitas Terbuka

Suparto. 2009. Percakapan Mandarin Modern. Bandung. Pustaka Internasional

Suparto. 2009. Penulisan Aksara Mandarin yang Baik dan Benar. Jakarta. Puspa Swara

Syamsuddin dan Vismania S. Damaianti. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung. Remaja Rosdakarya

Wibowo, Wahyu. 2001. Manajemen Bahasa. Jakarta. Gramedia

Downloads

Published

2014-12-19

Issue

Section

Articles