TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM KOMIK LOVELY COMPLEX VOLUME 2 KARYA NAKAHARA AYA

Authors

  • DEASY EDA PUJALESTARI Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Abstract

Kata Kunci: tindak tutur ilokusi, komik 『ラブコンã€â€œlovely complexâ€Sebagai salah satu media komunikasi tulis, komik dianggap sebagai media yang mampu menarik minat baca. Komik dapat mengajak para pembacanya untuk ikut dan merasakan situasi yang disampaikan oleh penulis melalui cerita yang dibuat. Selain itu, bentuk percakapan di dalam komik tidak terlepas dari tindak tutur atau maksud yang hendak disampaikan oleh penulis kepada pembaca, sehingga diperlukan pemahaman makna kalimat dengan melihat konteks dari sebuah tuturan. Dalam penelitian ini, dilakukan penelitian dengan objek komik Lovely Complex volume 2 dengan rumusan masalah, yaitu (1) jenis tindak tutur ilokusi apakah yang terdapat dalam komik Lovely Complex volume 2 dan (2) fungsi tindak tutur ilokusi dalam komik Lovely Complex volume 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hal ini digunakan agar dapat dapat menganalisis jenis tindak tutur ilokusi dan fungsi tindak tutur ilokusi dengan menggunakan teori dasar, dan mendeskripsikan hasil penelitian secara terperinci dan jelas. Adapun data temuan yang digunakan sebanyak 49 data. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa jenis tindak tutur ilokusi berdasarkan deskripsi Searle, yang terdapat dalam komik Lovely Complex volume 2 adalah (1) representatif yaitu menyatakan, mengusulkan, mengemukakan pendapat, dan mengeluh (2) direktif yaitu memesan, memohon, memerintah, memberi nasehat, dan menuntut, (3) ekspresif yaitu mengecam dan menuduh, (4) komisif yaitu menjanjikan, menawarkan, dan (5) deklarasi yaitu melarang. Fungsi tindak tutur ilokusi yang terdapat dalam komik Lovely Complex volume 2 berdasarkan deskripsi Leech adalah (1) kompetitif (competitive) yaitu memerintah, meminta, menuntut, mengemis, (2) menyenangkan (convival) yaitu menawarkan, mengajak, (3) bekerja sama (collaborative) yaitu menyatakan, mengumumkan, mengajarkan, (4) bertentangan (conflictive) yaitu mengancam, menuduh, menyumpahi, memarahi. Penulis menyarankan diadakannya penelitian lanjutan mengenai: (1) penelitian jenis tindak tutur ilokusi yang terbagi dalam kategori tindak tutur ilokusi, (2) penelitian tindak tutur ilokusi dengan menggunakan kajian teori yang lain dan (3) penelitian tindak tutur ilokusi dengan sumber data yang lain.

References

Sumber Data:

Nakahara, Aya. (2002). Komik Lovely Complex Volume 2 . Tokyo: Margaret Comics

_______________. (2005). Komik Complex Volume 2 . Jakarta: PT. Gramedia

Buku:

Hayashi. (1990).Gengokousou. Tokyo. Kuroshio Shuppan

Kridalaksana, Harimurti. (2008). Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Koizumi, Tomatsu. (1996). Nihongo Kyoushi no tame no Genggogaku Nyuumon. Tokyo: Taishuukan Shoten

Leech, Geoffrey.(1993). Prinsip-Prinsip Pragmatik.Jakarta: UI Press

Matsuura, Kenji. (2005) .KamusJepang-Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Narbuko, Cholid. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Pusat Bahasa. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rahardi, Kunjana.(2009). Sosiopragmatik.Jakarta:Erlangga

Rustono. (1999).Pokok-pokok Pragmatik.Semarang: IKIP Semarang Press.

Santana, Septiawan. (2007). Menulis Ilmiah Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Sobur, Alex. (2003). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sutedi, Dedi.(2011). Dasar-Dasar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora

Wijana, I Dewa Putu. (1996).Dasr-dasar Pragmatik. Yogyakarta : ANDI

Yule, George. (2006). Pragmatik . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Skripsi:

Narulita, Anisa.(2014). Tindak Tutur Ilokusi Dalam Drama Namae oNakushita Megami Episode 1. Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya.

Paramita Irianto, Anggara. (2012). Locutionary and Illocutionary In Relation To Autotexts In Blackberry Messenger. Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya.

Rahayuningsih. (2005). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Media Komik Strips pada Anak Usia Operasional Konkret di MI AL Iman Sekaran Gunung pati Semarang Tahun Ajaran 2004/2005.(skripsi). Semarang:Unnes.

Journal:

Irianto, Mahpuji. (2000). Tindak Ilokusi Asertif Dalam Film Detective Conan The Movie Karya Koichi Okamoto. ejournal. unesa.ac.id, 2.

Home Page:

http://anime-recap.blogspot.com/Lovely Complex. diakses tanggal 23 september 2013 jam 19.52 WIB.

http://manga.blogspot.com/definisi manga. diakses tanggal 23 juli 2014 jam 21.30 WIB

Tamahashi, Yoshie. “Hatsuwa Koui to Houjodoushi May to Can no Kanren ni Tsuite.â€Tagen Bunka Senkou. 6 Maret 2009. Aichi Shukutoku Daigaku Bunka SouzouGakubu Tagen Bunka Senkou. 20 Juli 2014 http://www2.aasa.ac.jp/faculty/tagen/thesis/2003/005228/

Downloads

Published

2014-08-27

Issue

Section

Articles