REGISTER PEMANDU WISATA BERBAHASA PRANCIS DI KAWASAN WISATA KAWAH IJEN BANYUWANGI JAWA TIMUR : KAJIAN SOSIOLINGUISTIK
Abstract
Kata kunci: pemandu wisata, sosiolinguistik, registerKomunikasi dapat dilakukan oleh siapapun dan dalam lingkup sosial manapun. Salah satunya antara pemandu wisata dengan wisatawannya. Setiap pemandu wisata memiliki variasi bahasa. Variasi bahasa berdasarkan pemakaiannya disebut register. Dalam kegiatan guiding, pemandu perlu untuk mengetahui register yang baik dan benar. Namun, seringkali pemandu wisata menggunakan register yang tidak standar. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk register pemandu wisata berbahasa Prancis dan faktorfaktor sosial yang melatarbelakanginya. Penelitian ini dikhususkan untuk pemandu wisata berbahasa Prancis di Kawah Ijen Banyuwangi Jawa Timur mengingat banyak sekali wisatawan yang berasal dari Prancis yang mengunjunginya.Penelitian ini menggunakan teori sosiolinguistik dan register untuk menganalisis bentuk register dan faktor-faktor sosial yang melatarbelakanginya. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan empat pemandu wisata sebagai obyek penelitiannya. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara kepada pemandu wisata, angket yang harus diisi pemandu, dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data-data dari hasil observasi, wawancara dan angket, proses pemilihan data, penyajian data secara deskriptif, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat pemandu wisata yang menjadi obyek penelitian mempunyai kesalahan gramatikal dalam register mereka dengan tingkat kesalahan yang berbeda. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial yang melatarbelakangi pembentukan register tersebut, yaitu tingkat penguasaan bahasa Prancis, usia pertama kali belajar bahasa Prancis, cara atau tempat belajar bahasa Prancis, dan sikap terhadap bahasa Prancis. Oleh sebab itu, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan bagi seluruh pihak yang terkait dengan pemandu wisata untuk meningkatkan kualitas berbahasa Prancis pemandu wisata agar dapat meningkat pula kualitas pelayanannya kepada wisatawan.References
Amato, E. (tanpa tahun). Definisi Pemandu Wisata. Diakses pada tanggal 16 April 2013, dari http://betetsays.blogspot.com/2011/04/pemandu-wisata.html.
Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press
Chaer, Abdul. 2004. Lingusitik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta : Rineka Cipta.
Gumperz, J.J. 1971. Language in Social Groups. Stanford, CA: Stanford University Press.
Indrayanto. Bayu. Pemakaian Bahasa Jawa oleh Etnis Batak di Kecamatan Jebres, Kota Surakarta (Pendekatan Sosiolinguistik). Surakarta: Universitas Negeri Surakarta Press.
Krashen, S.Long, M, and Scarcella, R. (1979) Age, Rate, and Eventual Attainment in Second Language. TESOL Quartely 9, 573-582. Reprinted in S.D.
Krashen, R.C. Scarcella and M.H. Long (eds)(1982) Child-Adult Differences in Second Language Acquisition (pp. 161-172). Rowly, MA: Newbury House Publishers.
Lexy Moleong, J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Nazir. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Ruben, Brent D., Stewart, Lea P. 2005. Communication and Human Behaviour.USA: Alyn and Bacon.
Sari,Rian. 2012. Register Pengunduh Sarang Burung Lawet di Goa Karang Bolong, Kabupaten Kebumen. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press.
Saryono. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Pusat Bahasa Depdiknas.
Sumarsono. 2012. Sosiolinguistik. Yogyakarta: SABDA (Lembaga Studi Agama,Budaya, dan Perdamaian).
Trudgill, Peter. 1975. Sociolinguistics: An Introduction. London: Penguin.
Wardhaugh, Ronald. 1971. An Introduction: Sociolinguistics. London: Blackwell Publishing.
Yatim, Riyanto. 1996. Metodologi Penelitian Pendidikan Tinjauan Dasar. Surabaya:SIC.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).