REPRESENTASI KONSEP KEPRIBADIAN ID, EGO, SUPEREGODAN MEKANISME PERTAHANANNYA DALAM FILM LES CHORISTES

Authors

  • SHEILA INTAN Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Abstract

Kata Kunci: Ego, Id, Mekanisme Pertahanan, Representasi, Superego Di dalam film Les Choristes menceritakan tentang sekolah khusus untuk anak-anak yang bermasalah bernama Fond de L’étang. Anak-anak di sekolah tersebut sering berbuat nakal, berbuat jahil, berbohong, melakukan pemerasan, mengancam dan melanggar peraturan sekolah. Oleh karena itu, muncul konflik antara Id, Ego, Superego dan mekanisme pertahanan. Adanya konflik tersebut membuat penulis membahas permasalahan yaitu (1) Bagaimana bentuk konsep kepribadian Id, Ego dan Superego direpresentasikan dalam film Les Choristes (2) Bagaimana mekanisme pertahanan tokoh Pépinot dalam mengatasi tekanan psikologis yang dialaminya. Selanjutnya, Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana bentuk konsep kepribadian Id, Ego, dan Superego direpresentasikan dalam film Les Choristes (2) untuk mengetahui bagaimana mekanisme pertahanan tokoh Pépinot dalam mengatasi tekanan psikologis yang dialaminya.Penelitian ini menggunakan teori psikoanalisa mengenai struktur kepribadian manusia yaitu Id, Ego dan Superego yang dikemukakan oleh Sigmund Freud. Kemudian penelitian ini dikaji dengan menggunakan pendekatan psikologis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Id terepresentasi melalui tindakan yang dilakukan oleh anak-anak nakal yang berada di sekolah Fond de L’étang seperti berbuat jahil, berbohong, mengancam, memarahi, melakukan pemerasan, dan melanggar peraturan sekolah. Ego terepresentasi melalui tindakan yang dilakukan oleh Clément Mathieu dan Superego terepresentasi melalui aturan, hukum dan norma yang terdapat di sekolah tersebut. (2) Pépinot mengatasi tekanan psikologisnya dengan menggunakan mekanisme pertahanan berupa fantasi, penolakan dan menarik diri.Penulis menyarankan agar peneliti selanjutnya dapat mengkaji lebih dalam lagi sisi psikologi maupun bidang sastra lainnya atau para tokoh lainnya dalam film Les Choristes tersebut, karena masih banyak bidang lainnya yang menarikuntuk diteliti.

References

Ambarini, Ririn (2008). Konflik Batin Dolour Darcy Pendekatan Psikoanalisis Freud terhadap Tokoh Utama Novel Poor Man’s Orange karya Ruth Park. Diakses dari : http://undip.ac.id/thesis/ambarini.

Bertens, Dr. K, (1979). Memperkenalkan Psikoanalisa Sigmund Freud. Jakarta: PT. Gramedia.

Bertens, Dr. K, (1983). Sekelumit Sejarah Psikoanalisa. Jakarta: PT. Gramedia

Boeree, George. C. Dr. (2004). Personality Theories. Jogjakarta : Prismasophie.

Effendi, E. Usman (1989). Pengantar Psikologi. Bandung : Angkasa.

Endraswara, Suwardi, (2008). Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: PT.Buku Kita.

Film Les Choristes.

Hall, Calvin, S. (1954). Pengantar ke dalam Ilmu Jiwa Sigmund Freud. Jakarta–New York: Yayasan Penerbitan Franklin.

info@rodensor.com dan www.RodEnsor.com

Juniati, Mari. 1981. Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lacan, Jacques. 1978. The Four Fundamental Concepts of Psychoanalysis. London: w.w. Norton & Company.Inc.

Davidoff , Linda. 1988. Psikologi : Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Mabrur, (2009). Seksualitas Hermafrodit; Telaah Kepribadian dari Perspektif Psikoanalisis. Diakses dari:http://lib.uinmalang.ac.id/thesis/fullchapter/04410060-mabrur.ps

Mijolla, A. D. (2005). International Dictionary of Psychoanalysis. Farmington Hills: Thomson Gale.

Mukhtar, Dr. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta Selatan : Referensi (Gaung Persada Press Group).

Nevid, Jeffrey. (2003).Psikologi Abnormal. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sobur, Alex. (2009). Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sujanto, Agus. (2012). Psikologi Umum. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suryabrata, Sumadi. (2006). Psikologi Kepribadian. Jakarta : Rajawali Pers.

Susanto, Dwi. (2011). Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Downloads

Published

2014-08-20

Issue

Section

Articles