PERILAKU PROSOSIAL TOKOH UTAMA AMÉLIE POULADI DALAM FILM LE FABULEUX DESTIN D’AMÉLIE POULAIN : KAJIAN PSIKOLOGI SOSIAL

Authors

  • GAZI ADAM Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Abstract

Kata Kunci : Empati, Perilaku Prososial, Psikologi, Perilaku Menolong Film adalah sebuah karya seni audio visual yang menampilkan ekspresi, tindakan, dan dialog dari para tokoh berdasarkan kejadian yang ada di masyarakat. Film berfungsi untuk menghibur dan menyampaikan sebuah pesan serta pengetahuan baru kepada masyarakat. Salah satu film yang dapat memberikan pengetahuan baru adalah film Prancis Le Fabuleux Destin D’Amélie Poulain. Film ini bercerita mengenai Amélie Poulain, seorang wanita yang memiliki perilaku prososial karena rasa empatinya sehingga mau menolong siapa saja yang membutuhkan pertolongannya.Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan manifestasi perilaku prososial tokoh utama Amélie Poulain dan mengetahui motivasi yang mendorong perilaku tersebut. Penelitian ini menggunakan teori prososial yang dikemukakan oleh Batson dkk. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif karena data yang diperoleh berupa dialog dan perilaku yang diamati sehingga menghasilkan gambaran dan penjelasan tentang perilaku prososial tokoh utama.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku prososial yang dilakukan oleh Amélie didasari oleh empati – altruisme untuk mengurangi perasaan negatif dan mendapatkan kesenangan empati. Namun demikian, penulis menyimpulkan bahwaperilaku prososial yang dilakukan oleh Amélie didominasi oleh motivasi empati–altruisme dan juga kesenangan empati. Penulis juga menemukan sebuah perilakuprososial yang tidak masuk ke dalam kategori empati, melainkan perilaku tersebutdidorong atas dasar simpati dari tokoh utama.Untuk penelitian selanjutnya, penulis menyarankan untuk dilakukan pengkajian mengenai perilaku menolong Amélie pada saat menolong orang–orang yang selaludilakukan secara diam – diam. Penelitian tersebut  dapat direalisasikan denganmenggunakan teori psikologi kepribadian atau pun teori lain.

References

Aprillia, Dayang. 2010. Amélie. Diakses pada tanggal 20 Februari 2014 dari http://diadayonk.blogspot.com

Asriani. 2013. Perbedaan perilaku prososial siswa pondok pesantren x dan siswa smp negeri y di yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Effendy, Heru. 2004. Mari membuat film. Jakarta. Konfiden

Ghony, Djumaidi. HM, Fauzan Almanshu. 2012. Metodologi penelitian pendidikan. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Husnun. 2011. Film Sebagai Bagian Dari Media Massa. Diakses pada tanggal 1 Mei2013, dari http://husnun.wordpress.com/2011/04/27/film-sebagai-bagian-darimedia-massa/

Jean–Pierre Jeunet. 2001. Amelie Poulain

Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Nazir, Mohammad. 1999. Metode Penelitian. Jakarta : Erlangga

Purwanto, M. Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Robert A. Baron, Donn Byrne. 2005. Psikologi sosial jilid 2l. Jakarta : Erlangga

Sears, dkk. 1991. Psikologi Sosial, Jilid 2 (Terjemahan), edisi ke lima. Jakarta :Erlangga

Soekanto, Soerjono. 2007. Ilmu Pengetahuan Sosial SOSIOLOGI. Jakarta : Erlangga

Downloads

Published

2014-08-20

Issue

Section

Articles