AIZUCHI OLEH DANSEI DAN JOSEI DALAM ANIME HYOUKA EPISODE 1-5 KARYA YASUHIRO TAKEMOTO

Authors

  • ARINI AMBARWATI Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Abstract

Kata Kunci: Aizuchi, Hyouka.Manusia adalah makhluk yang tidak bisa hidup tanpa orang lain. Ketika manusia melakukan interaksi mereka menggunakan bahasa. Kebudayaan dalam berkomunikasi adalah suatu kebiasaan yang terjadi dalam masyarakat. Salah satu keunikan yang dimiliki Jepang ialah ketika mereka sedang berbicara maka mitra tutur akan merespon atau mengirimi umpan balik, Hal ini yang disebut dengan aizuchi. Pemakaian aizuchi dalam masyarakat Jepang biasanya juga terdapat kekhasannya tersendiri misalnya dari segi gender mitra tutur yang melontarkan aizuchi. Oleh karena itu penggunaan aizuchi pada penelitian ini dikaitkan berdasarkan bagaimana penutur pria dan penutur wanita melontarkan aizuchi.Penelitian ini menggunakan teori dari Mayumi Kubota dan Horiguchi Sumiko sebagai acuan dan merupakan penelitian jenis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan jumlah fungsi aizuchi  48 Tanda Mendengar, 63 Tanda  Memahami, 26  Tanda Sependapat, 9 Tanda Menyangkal, 10 Tanda Ungkapan Perasaan, 17 Tanda Penyambung Jeda, 30 Tanda untuk menambahkan, mengoreksi dan meminta informasi. Sedangkan pada bentuk aizuchi ditemukan 166 Bentuk Ungkapan, 21 Bentuk Penggulangan, 3  Bentuk Parafrase, 6  Bentuk Lain. Dalam pemakaian jenis gender penuturnya yang paling banyak ialah 107 penutur pria  sedangkan  84 penutur wanita.Dengan demikian penulis menyarankan pada penelitian selanjutnya meneliti penggunaan aizuchi dari media sosial seperti,  twitter, facebook, line dan lain-lain.

References

Aminuddin.1990. Pengembangan Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bahasa dan Sastra. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh Malang

AOTS. 2000. Shin Nihongo no Chuukyuu.Tokyo: 3A Corporation

Bodgan, R.C. & Biklen, S.K. Qualitative research for education: An introduction to theory and methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc

Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta : PT Rineka Cipta

Chaer, Abdul dan Agustina, Leonie. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta

Dittman, A.T. 1972. Developmental factors in conversational behavior. The Journal Communication

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Kubota, Mayumi. 2001. Aizuchi wa Hito wo Ikasu. Tokyo: Kouseidou.

Koentjaraningrat. 1994. Metode-metode Penelitian Mayarakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Lincoln, Y.S dan Guba, E.G. 1985. Naturalistic inquiry. Beverly Hills: Sage Publications

Matsura, Kenji. 1994. Nihongo Indonesiago Jinten. Japan: Kyoto Sangyo Universitas Press

Maynard, S.K. 1986. The Listener’s response in Japanese and English Conversation. Sosiolinguistic Newsletter, Vol.13

Meleong, Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Refisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mizutani, Osamu dan Mizutani Nobuko. 1987. How to be Polite in Japanese. The Japan Times, Tokyo

Nababan. 1993. Sebuah Pengantar Sosiolinguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Siswinayu, Yepi. 2012. Penggunaan aizuchi ditinjau dari bentuk dan fungsi dalam komik detective conan volume 60 karya Goushou Aoyama. Malang: Universitas Brawijaya

Sudjianto, dan Ahmad Dahidi. 2009. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Bekasi : Kesaint Blanc

Sumarsono.2007. Sosiolinguistik. Jakarta: Pustaka Pelajar

Horiguchi, Sumiko. 1997. Nihongo Kyouiku to Kaiwa Bunseki. Tokyo: Kuroshio Shuppan

Tim Penyusun Pusat Kamus. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga Cetakan Pertama. Departemen pendidikan Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Tim Penyusun. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya. Malang: Universitas Brawijaya

Sumber dari Internet:

Hyouka Japanese subtitles. 2012. Diakses pada tanggal 8 Mei 2014 dari

http://kitsunekko.net/subtitles/japanese

Anime Hyouka. 2012. Diakses pada tanggal 8 Mei 2012 dari

http://hyouka .wikia.com/wiki/Hyouka

Downloads

Published

2014-08-05

Issue

Section

Articles