ANALISIS KESALAHAN PENULISAN GAIRAIGO (KATA SERAPAN) PADA SISWA KELAS BAHASA DI MAN REJOSO JOMBANG

Authors

  • RIA MA’RIFATUN NISA’ Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Abstract

Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Gairaigo. Pembelajaran huruf merupakan salah satu kendala yang dialami oleh siswaSMA dalam mempelajari bahasa Jepang, terutama huruf Katakana yang digunakan dalam penulisan Gairaigo (Kata serapan). Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui kesalahan yang terjadi, faktor-faktor yang menyebabkanterjadinya kesalahan, serta solusi yang dapat digunakan untuk menghindarikesalahan dalam penulisan gairaigo oleh siswa kelas bahasa di MAN RejosoJombang.Metode yang dipakai dalam penelitian ini penggabungan 2 pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dengan melakukan pengumpulan data melalui tes danangket oleh 40 siswa. Analisis data yaitu dengan mengumpulkan data hasil tes dan mencocokkan dengan kunci jawaban, mengklasifikasi letak kesalahan danpenyebab kesalahan, membuat persentase, menganalisis dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 5 kesalahan. Kesalahan tersebut yaitu konsonan rangkap/ganda sejumlah 30%, konsonan lain ditambah vokal u sejumlah 29%, konsonan panjang sejumlah 22%, konsonan t dan d berakhiran o sejumlah 12%, konsonan pendek sejumlah 7%. Selain itu, juga ditemukan 4penyebab kesalahan yaitu lingkungan, bahasa ibu, pendapat populer daninterferensi.Solusi yang dapat digunakan oleh siswa untuk mengurangi kesalahan dalam penulisan gairaigo diantaranya adalah giat menghafal dan berlatih menulis huruf Katakana dan kata serapan serta mempelajari perubahan kata ke dalambahasa Jepang.Penulis menyarankan peneliti selanjutnya melakukan penelitian mengenaigairaigo (kata serapan), dengan kesalahan penulisan melalui chokai (menyimak). Selain itu, instrumen penelitian melalui angket dapat diganti dengan wawancara agar memberikan jawaban yang detail.

References

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1. Jakarta : The Japan Foundation, 2007.

Buku Pelajaran Bahasa Jepang 2. Jakarta : The Japan Foundation, 2007.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Narbuko, Cholid , dan Abu Achmadi. 1997. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Pateda, Mansoer. 1989. Analisis Kesalahan. NTT : Nusa Indah.

Parera, Jos Daniel. 1997. Lingusitik Edukasional. Jakarta: Erlangga

Setyawati. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sudjianto, dan Ahmad Dahidi. 2004. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta : Kesaint Blanc.

Sutedi, Dedi. 2008. Dasar-dasar linguistik bahasa jepang. Bandung : Humaniora.

Sutrisno. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Malang: Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

Suryabrata, Sumadi. 1988. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Suhartini, Iin. 2013. Analisis Penggunaan Gairaigo Yang Diikuti Verba Suru. Skripsi. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Sahni, Titah. 2013. Analisis Kesalahan Penggunaan Gyakusetsu No Setsuzokujoshi Pada Mahasiswa Sastra Jepang Angkatan 2008 Universitas Brawijaya. Skripsi. Tidak diterbitkan. Malang. Universitas Brawijaya.

Tarigan, HG dan Djago Tarigan. 1998. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung : Angkasa Bandung.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Tangguh, Beta. 2010. Analisis Penggunaan Kata Serapan (Gairaigo) Dalam Terjemahan Bahasa Jepang Novel Harry Potter And The Philosopher’s Stone Karya J.K Rowling. Skripsi. Bandung. Universitas Komputer Indonesia.

The Japan Foundation. 1979. Nihongo Kana Nyuumon. Jakarta.

Wahyuni, Rika. 2006. Ketrampilan Menulis Katakana Pada Kata Serapan Bahasa Jepang Antara Siswa Kelas XI IPA Dan XI IPS SMAN 1 Wonoayu. Skripsi. Tidak diterbitkan. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Published

2014-07-10

Issue

Section

Articles