PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN DENGAN TEKNIK THINK PAIR SHARE MELALUI KARTU LIPAT BERGAMBAR PADA SISWA KELAS VII D SMPN 13 MALANG

M. AYYINNA YUSRON EL FAROUQ

Abstract


Keterampilan menulis pantun merupakan salah satu materi pembelajaran Bahasa Indonesia dijenjang SMP. Dalam kompetensi keterampilan menulis pantun, kemampuan siswa kelas VIID masih belum optimal. Rendahnya keterampilan siswa disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya kurangnya minat siswa dalam menulis dan kurangnya teknik serta kurangnya media pembelajaran yang menarik untuk siswa belajar menulis. Menulis merupakan salahsatu keterampilan berbahasa tertinggi yang berguna untuk mengekspresikan pikiran ke dalambentuk tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun pada aspek kelengkapan struktur dan ketepatan kaidah dengan menggunakan teknik ThinkPair Share melalui kartu lipat bergambar pada siswa kelas VII D SMPN 13 Malang. Sumber data adalah siswa kelas VII D SMPN 13 Malang tahun ajaran 2016/ 2017 dengan jumlah 33 siswa. Penelitian ini adalah  jenis PTK dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan melakukan analisis peningkatan proses pembelajaran melalui observasi guru dan siswa, serta analisis peningkatan hasil pembelajaran keterampilan menulis pantun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses peningkatan keterampilan menulis pantun mengalami peningkatan. Penerapan teknik ThinkPair Share melalui kartu lipat bergambar dapat meningkatkan nilai siswa dalam menulisPantun. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa setelah menulis pantun berdasarkan struktur dengan nilai 88,37 pada siklus 1 dan meningkat menjadi kategori sangat baik (93,43)pada siklus II. Di samping itu, peningkatan terjadi pada aspek ketepatan kaidah dengan nilai59,34 pada siklus 1 dan menjadi kategori baik (82,52) pada siklus II. Hasil observasi kegiatanguru pada siklus I mencapai 75,6% dan meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Sedangkan pada hasil observasi kegiatan siswa terjadi peningkatan sebesar 80% pada siklus I menjadi 84,1% pada siklus II.   Di samping itu, terjadi peningkatan persentase siswa yang lulus di atas KKM pada siklus I meningkat mencapai 66.66% pada siklus II dan 90,90% pada siklus II dengan kategori sangat baik, yaitu siswa sudah mampu menulis pantun berdasarkan kelengkapan struktur dan ketepatan kaidah.


Kata Kunci : menulis, pantun, Think Pair Share, kartu lipat bergambar


Full Text:

PDF

References


Brown, Douglas H. 2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Peraso Education.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Johnson , Elaine B. 2014. Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa.

Nurhadi & Senduk, A.G. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Machmudah dan Rosyidi. 2008. Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press.

Nana Sudjana dan Ahmad Rifai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik.

Smaldino, S. Lowther, D. Russell, J. 2011. Instructional Technology & Media For Learning (Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar). Jakarta: Pranada Media Group.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suroso. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pararaton Publishing.

Tarminto. 2014. Kumpulan Pantun Puisi dan Kata-Kata Mutiara. Surabaya: AS Agency.

Wahidmurni. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: UM Press.

Waluyo, Herman J. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wardoyo, Sigit M. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Indra Pradana Kusuma. 2012. “Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Melalui Model

Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Powerpoint Kelas IV SD Negeri Karanganyar”. Skripsi. UIN Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.