KEBUTUHAN NEUROTIK TOKOH UTAMADALAM FILM LA MÔME: KAJIAN PSIKOLOGI SOSIAL

Authors

  • NI MADE PIPIT DEASTUTI Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya

Abstract

Kata Kunci : Biopic, Manifestasi, Neurotik, Kebutuhan Biopic merupakan suatu film yang mengangkat kembali kehidupan tokoh-tokoh terkenal. Salah satu film yang bergenre biopic adalah film Prancis yang berjudul La Môme. Film ini menceritakan tentang seorang penyanyi pop legendaris yang berasal dari Prancis bernama Edith Piaf yang semasa kecil kurang mendapatkan kasih sayang utuh dari kedua orang tuanya. Kurangnya kasih sayang tersebut mengakibatkan seseorang berusaha mewujudkan kebutuhan neurotiknya di masa depan. Fenomena tentang kebutuhan neurotik tokoh utama dimunculkan dalam film ini. Oleh karena itu penulis akan menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu manifestasi kebutuhan neurotik dan kecenderungan neurotik dominan tokoh utama dalam film La Môme.Penelitian ini menggunakan teori psikologi sosial milik Karen Horney (1942) melalui pendekatan psikologi. Metode yang digunakan adalah kualitatif karena bertujuan untuk mendeskripsikan data dalam bentuk verbal guna menghasilkan pemaparan mengenai manifestasi kebutuhan neurotik dan kecenderungan neurotik dominan pada tokoh utama.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan neurotik yang dimiliki tokoh utama disebabkan oleh pengalaman masa kecil yang kurang mendapatkan kasih sayang utuh dari kedua orang tuanya. Dari 10 kebutuhan neurotik, terdapat 6 kebutuhan neurotik yang direpresentasikan melalui film ini, yakni kebutuhan neurotik akan kasih sayang dan penerimaan diri, rekan yang kuat, kekuasaan, penghargaan sosial atau gengsi, ambisi dan pencapaian pribadi, dan kesempurnaan dan ketidakmungkinan untuk salah. Dalam pemenuhan kebutuhan neurotiknya, tokoh utama memiliki kecenderungan neurotik dominan yakni tipe mendekati orang lain.Untuk penelitian selanjutnya, penulis menyarankan agar peneliti menganalisis objek material yang sama namun dengan objek kajian yang berbeda misalnya tentang perubahan status sosial, pengkajian lirik lagu yang digunakan sebagai backsound, dan sebagainya.

References

Afdhilla, Zulfan (2013). Jenis-Jenis Genre Film. Diakses pada tanggal 11 Januari 2015 dari www.zulfanadhilla.com/?m=1.

Anissa Widianingsih. (2011). Nilai-nilai moral yang terdapat pada film La Vie en Rose. Tugas akhir. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Aulia (2015). Film Biografi. Diakses pada tanggal 3 Juli 2015 dari www.termwiki.com/ID/biopic.

Boeree, George C. Tanpa tahun. Personality Theories: Melacak Kepribadian Anda Bersama Psikolog Dunia. Terjemahan oleh Inyak Ridwan Muzir, 2013. Jogjakarta: Primasophie.

Cervone, Daniel, & Pervin, Lawrence A.(2008). Kepribadian: Teori dan Penelitian-Buku 1. Terjemahan oleh Aliya Tusyani, Evelyn Ridha Manulu, Lala Septiani Sembiring, Petty Gina Gayatri, Putri Nurdina, & Sofyan, 2011. Jakarta: Salemba Humanika. Edith Piaf Biography (2015). Diakses pada tanggal 20 Februari 2015 dari www.lifetime.co.uk/biography/biography-edith-piaf.

Feist, Jess, & Feist, Gregory J. (1998). Teori Kepribadian-Buku 1. Terjemahan oleh Handriatno, 2013. Jakarta: Salemba Humanika.

Galuh Pawestri. (2014). Kepribadian ganda tokoh utama dalam drama Korea God’s Quiz kajian teori neurosis Horney. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada.

Hall, Calvin S., & Lindzey, Gardner. (1978). Teori-teori Psikodinamik (Klinis). Terjemahan oleh Dr. A. Supratiknya, 1993. Yogyakarta: Kanisius

Haryanto (2010). Pengertian Psikologi Sosial. Diakses pada tanggal 12 Januari 2015 dari www.belajarpsikologi.com/ pengertian–psikologi-sosial#ixzz3CFGpDWM0.

Herdiansyah, Haris. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Jdf, Rédaction (2013). Avec Davis Douglas. Diakses pada tanggal 20 Februari 2015 dari www.journaldesfemmes.com/ people/evenements/edith-piaf-avec-davis-douglas.shtml.

Komunikasi Praktis. Tanpa tahun. Karya Tulis Ilmiah: Pengertian, Karakteristik, dan Jenis-Jenis. Diakses pada tanggal 14 Januari 2015 dari www.komunikasipraktis.com/2014/09/karya-tulis-ilmiah-pengertian.html?m=1.

La môme Awards. Tanpa tahun. Diakses pada tanggal 11 Januari 2015 dari www.imdb.com/title/tt0450188/awards?mode=dekstop.

Missa, Daniel Yonathan.(2014). Kebutuhan Dasar Anak. Diakses dari www.kompasiana.com/atonimeto/kebutuhan-dasar anak_54f690eba333137028b50c7.

Panjimhs (2012). Arti Manifestasi. Diakses pada tanggal 3 Juli 2015 dari glosarium.org/arti/?k=manifestasi.

Perfilman, UU 8/1992. Diakses pada tanggal 11 Januari 2015 dari www.hukum.unsrat.ac.id/uu/u_8_1992.htm.

Setiwan, Ebta (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Diakses pada tanggal 11 Januari 2015 dari www.kbbi.web.id/manifestasi.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT (Persero) Penerbitan & Percetakan Balai Pustaka.

Tri Yulianti (2013). Kebutuhan neurosis karakter Sammuel Pollit dalam novel The Man Who Loved Children karya Christine Stead. Skripsi. Bandung. Universitas Komputer Indonesia.

Downloads

Published

2015-07-28

Issue

Section

Articles